Selasa, 03 Mei 2016

Holland Test dan RMIB


Ø  Holland Test
Menurut Holland orang dapat digolongkan ke dalam salah satu jenis kepribadian dari 6 jenis. Lingkungan di mana orang-orang itu hidup dapat dikategorikan dalam 6 jenis juga. Pasangan atau kekesuaian jenis kepribadian dan model lingkungan membantu untuk memahami jenis kepribadian dan model lingkungan seseorang. Maka perilaku seseorang dapat diketahui melalui interaksi pola kepribadian dan lingkungannya.
6 Model Orientasi oleh John L.Holland (Manrihu, 1992)
·         Realistic (R)
Orang dengan karir realistic seperti mekanik, ATC (air traffic controller), surveyor, ahli elektronik dan petani.Tipe R biasanya memiliki keahlian atletik atau mekanik dan menyukai kegiatan luar ruangan dengan peralatan atau mesin. Lebih menyenangi bekerja dengan alat daripada dengan orang lain, diterangkan sebagai pribadi yang mudah menyesuaikan diri, tenang, orisinal, teguh dalam pendirian, sabar, tenang, alami, gigih, praktis, pemalu dan cenderung hati-hati.
·         Investigative (I)
Orang dengan karir investigative seperti ahli biologi, kimia, fisika, geologi, laboratorium dan penelitian termasuk teknisi medis.Tipe I biasanya memiliki keahlian sains dan matematika, menyukai kesendirian dalam pekerjaan maupun memecahkan masalah.Tipe I menyukai eksplorasi dan berusaha memahami sesuatu atau kejadian dibandingkan memaksakan sesuatu kepada orang lain. Tipe I diterangkan sebagai pribadi yang analitis, hati-hati, cenderung kompleks, kritis, ingin tahu tinggi, independen, intelektual, tertutup, metodologis atau prosedural, sopan, pesimis, ketepatan, menggunakan rasio dan tertutup.
·         Artistic (A)
Orang  dengan tipe Artistik seperti composer, musisi, pengarahpanggung, penari, decorator, actor atau aktris dan penulis.Biasanya tipe A memiliki keahlian seni, menyenangi pekerjaan orisinal dan memiliki imajinasi tinggi. Tipe A menyukai pekerjaan yang mengandung unsur ide kreativitas dan ekspresi diri daripada keteraturan atau rutinitas. Pribadi dapat diterangkan sebagai gambaran rumit, kurangteratur, emosional, ekspresif, idealistik, menghkhayal, tidakpraktis, impulsif, mandiri, introspektif, intuitif, sulitakur, terbukadan original.
·         Social (S)
Tipe karir social seperti guru, terapis, pekerja religius, konselor, psikolog, perawat.Tipe S biasanya menyenangi keberadaan diri dalamsosial, tertarik bagaimana bergaul dengan situasi social dan suka membantu permasalahan orang lain. Pribadi S diterangkan sebagai terbuka, bekerjasama, ramah, sopan, ringan tangan untuk membantu, sabar, tanggap secara sosial, simpatik, hangat dan mudah memahami.
·         Enterprising (E)
Karir enterprising sepertipedagang, pialang, promotor, produseracara, eksekutifdalamduniabisnis, penjual, supervisor dan manajer.Tipe E biasanya memiliki jiwa kepemimpinan, kemampuan berbicara di depan umum, tertarik dengan uang dan politik dan senang untuk mempengaruhi orang lain. Secara pribadi suka mempengaruhi secara langsung, petualang, ambisius, menyenangi perhatian, dominasi, energik, terbuka, impulsif, optimistis, mencarikesenangan, popularitas, kepercayaan diri dan berjiwa sosial.
·         Conventional (C)
Orang dengan karir conventional seperti analis keuangan, pegawai perpustakaan, banking, ahli pajak, sekretaris, korespondensi, akunting. Tipe C memiliki keahlian klerikal dan matematika, menyukai pekerjaan dalam ruang dan mengelola sesuatu agar rapi.Tipe C ini secara pribadi menyukai rutinitas yang teratur, bekerja sesuai standar jelas, menghindari pekerjaan yang kurang jelas.Pribadi senang dengan kepatuhan, kesadaran, kehati-hatian, efisiensi, sesuai aturan, tetap dan konstan.

Bentuk Alat Ukur Holland Test
1.     Minat
2.     Kemampuan
3.     Ketertarikan

Ø  ROTHWELL MILLER INTEREST BLANK (RMIB)
       Test RMIB pertama kali disusun oleh Rothwell pada tahun 1947, saat itu test hanya memiliki 9 jenis kategori dari jenis-jenis pekerjaan yang ada. Pada tahun 1950, test diperluas menjadi 12 kategori oleh Kenneth Miller. Test ini disusun dengan tujuan mengukur interest seseorang berdasarkan sikap seseorang terhadap suatu pekerjaan.
       12 KATEGORI DARI JENIS PEKERJAAN
Outdoor→ Suatu pekerjaan yang aktivitasnya dilakukan diluar atau udara terbuka, atau pekerjaan yang tidak berhubungan dengan hal-hal yang rutin sifatnya. Contoh: Petani, penjaga hutan, guru olahraga, juru ukur, dll

PracticalPekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap pekerjaan yang praktis, karya pertukangan dan yang memerlukan keterampilan. Contoh: Tukang kayu, penjahit, juru masak, penata rambut, tukang ledeng, ahli sepatu, dll.

MedicalPekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap pengobatan, mengurangi akibat dari penyakit, penyembuhan, dan didalam bidang medis serta hal-hal biologis pada umumnya. Contoh: Dokter, ahli bedah, apoteker, mantra kesehatan, ahli kacamata, perawat orang tua, dll.

ComputationalPekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka. Contoh: akuntan, ahli statistic, auditor, kasir, guru matematika.

MechanicalPekerjaan yang berhubungan dengan atau menggunakan mesin-mesin, alat-alat dan daya mekanik. Contoh:Insinyur sipil, petugas pom bensin, montir, ahli reparasi jam.

ScientificPekerjaan yang berhubungan dengan keaktifan dalam hal analisa dan penyelidikan, eksperime, kimia dan ilmu pengetahuan pada umumnya. Contoh: Ilmuwan, Ahli Botani, Ahli Pertanian, Asisten Laboratorium, Ahli biologi.

Personal ContactPekerjaan yang berhubunga dengan manusia, diskusi, membujuk, bergaul dengan orang lain. Pada dasarnya adalah suatu pekerjaan yang membutuhkan kontak dengan orang lain. Contoh: Manager bidang penjualan, penyiar radio, salesman, petugas humas, agen biro iklan.

MusicalPekerjaan yang berhubungan dengan minat memainkan alat-alat music atau untuk mendengarkan orang lain bernyanyi atau membaca sesuatu yang berhubungan dengan music, termasuk penghargaan terhadap music. Contoh: Pianis konser, Komponis, guru music, pemain organ tunggal, pemimpin band, dll.

AestheticPekerjaan yang berhubungan dengan hal-hal bersifat seni dan menciptakan sesuatu. Contoh: Seniman, artis komersil, pemotret, penata panggung, guru kesenian, perancang pakaian, dll.

LateraryPekerjaan yang berhubungan dengan buku-buku, kegiatan membaca, mengarang. Contoh: Wartawan, pengarang, penulis drama, penyair, ahli sejarah, ahli perpustakaan, dll.

ClericalPekerjaan yang berhubungan minat terhadap tugas-tugas rutin yang ketepatan. Contoh: Manager bank, petugas arsip, pegawai kantor, juru ketik, pegawai pos, dll.

Social servicePekerjaan yang berhubungan dengan minat terhadap kesejahteraan penduduk, dengan keinginan untuk menolong dan membimbing/menasehati tentang problem dan kesulitan mereka. Contoh: Guru SD, psikolog, pekerja social, organisator kepramukaan, dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar